KATA PENGANTAR : Pengertian dan Contoh Kata Pengantar yang Baik 2017











KATA PENGANTAR : Pengertian dan Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar. Sebelumnya kita sudah membahas contoh proposal, cover makalah, proposal usaha, dan metode penelitian, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Kata Pengantar dimana sering kita ketahui pada bagian awal sebuah laporan proposal, makalah, karya tulis, skripsi, jurnal atau karya tulis lain. Kita akan membahas lebih mendalam mengenai pengertian kata pengantar, contoh kata pengantar dari berbagai jenis laporan.

Pengertian KATA PENGANTAR


Kata pengantar adalah bagian dari laporan karya tulis yang berisi kata-kata atau kalimat harapan penulis, ucapan terima kasih penulis dan lain sebagainya dalam penulisan karya tulis tersebut. Dalam Kata Pengantar biasa diawali dengan ucapan syukur kepada Allah SWT dengan mengucapkan puji syukur ke hadirat Allah SWT Tuhan YME dilanjutkan dengan harapan penulis dengan adanya karya tersebut. Tidak sedikit penulis juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan karya tulis.


Pengertian Contoh Kata Pengantar Terbaru 2017


Bagian Kata Pengantar


Pada bagian kata pengantar ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu : bagian awal, isi dan akhir/penutup.

Bagian awal kata pengantar seperti yang sudah dijelaskan pada bagian pengertian tadi, berisi ucapan-ucapan puji syukur kepada Allah SWT (Tuhan YME) atas berkah dan rahmatnya penulis diberi kemudahan kelancaran dalam menyusun laporan karya tulis.

Bagian isi kata pengantar berisi gambaran mengenai isi dalam karya tulisnya tersebut dan ada pula yang menyisipkan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang membantu hingga selesainya penyusunan laporan.

Pada bagian akhir / penutup kata pengantar berisi ucapan permintaan maaf jika di dalam penulisan terdapat kesalahan dan kekurangan. Berisi juga harapan penulis kepada pembaca dan berisi doa agar karya penulis dapat memberikan banyak manfaat.

Contoh Kata Pengantar

Kata pengantar pada laporan penyelesaian buku

KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, buku Pedoman Penulisan Skripsi ini dapat diselesaikan lagi setelah beberapa kali revisi dan terbit ala kadarnya. Meskipun demikian, buku ini tetap diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan skripsinya.

Disadari sepenuhnya bahwa setiap tulisan selalu membawa misi yang ingin disampaikan, demikian juga dengan buku pedoman ini. Satu sisi, buku pedoman ini diharapkan bisa membantu mahasiswa baik dalam penulisan proposal maupun dalam penulisan skripsi dalam pengertian yang utuh. Pada sisi
lain, buku ini juga bertujuan menyeragamkan teknik penulisan dalam arti yang utuh pula sehingga ada kesamaan pandangan di kalangan mahasiswa, dosen pembimbing, dan para pengambil keputusan akademik.

Buku ini disajikan setelah mendapatkan sejumlah masukkan dari para dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang tentunya dapat tampil dalam keutuhan yang terjaga kualitas akademiknya, walaupun demikian disadari sepenuhnya bahwa selalu ada keterbatasan dalam setiap penulisan. Untuk itu, kritik dan saran selalu diharapkan. Semoga buku panduan ini dari waktu ke waktu dapat disempurnakan dengan kualitas akademik yang lebih baik.

Tidak lupa kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam  pembuatan buku panduan skripsi FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Akhirnya, buku Pedoman Penulisan Skripsi ini diharapkan dapat memberikan manfaat, baik di kalangan mahasiswa, dosen, dan khususnya para pembaca yang budiman.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.



Jakarta, Februari 2012
Penyusun

Prof. Dr. Abdul Hamid, MS.





Contoh Kata Pengantar Penelitian / Proposal Skripsi

KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

          Alhamdulillahi rabbil‘alamin, dengan segala kerendahan hati, penulis panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas izin, rahmat serta hidayahNya, penulisan Proposal Usulan Penelitian yang berjudul “Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian pada Selli Fashion Bandung” dapat diselesaikan.

          Penulisan Proposal Usulan Penelitian ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat Program Strata I pada Jurusan Manajemen Bisnis di Universitas Komputer Indonesia Bandung.
Proposal Usulan Penelitian ini disusun berdasarkan hasil pengamatan, wawancara, diskusi, dan keterlibatan langsung dalam proses pelaksanaan yang dilaksanakan pada tanggal 05 Oktober sampai selesai.

           Dalam penyajian Proposal Usulan Penelitian ini penulis menyadari masih belum mendekati kesempurnaan, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan koreksi dan saran yang sifatnya membangun sebagai bahan masukan yang bermanfaat demi perbaikan dan peningkatan diri dalam bidang ilmu pengetahuan.

          Penulis menyadari, berhasilnya studi dan penyusunan Proposal Usulan Penelitian ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak yang telah memberikan semangat dan do’a kepada peulis dalam menghadapi setiap tantangan, sehingga sepatutnya pada kesempatan ini penulis menghaturkan rasa terima kasih kepada :
1. Bapak Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, selaku Rektor Universitas Komputer Indonesia.
2. Ibu Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra.,M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia.
3. Ibu Linna Ismawati, SE., M.Si. Selaku Ketua Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia.
4. Ibu Elvira Azis, SE., MT.selaku dosen Pembimbing, yang telah meluangkan waktunya serta memberikan bimbingan dalam menyusun Proposal Usulan Penelitian
5. Ibu Trustorini Handayani. SE., M.si. selaku dosen penguji 1 (satu) 6.
6. Bapak. Darmazakti Natajaya Tirtamahya. SE., MT. selaku dosen penguji 2 (dua)
7. Ibu Windy Novianty. SE selaku dosen wali penulis.
8. Bapak Reza Rinaldi, selaku manajer dan pembimbing yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melaksanakan penelitian di Selli Fashion Bandung serta memberikan bimbingan dan bantuan selama penulis melaksanakan penelitian.
9. Seluruh karyawan Selli Fashion Bandung atas bantuan informasi dan kerjasamanya.
10. Kedua Orang Tua tercinta yang telah membesarkan penulis sejak dalam buaian hingga saat ini dengan segala rasa cinta dan kasih sayang yang tidak pernah surut dan juga yang telah mendidik, membina, memberikan dorongan dan do’a kepada penulis.
11. Kakak yang telah banyak memberikan semangat bagi penulis dalam penyususnan proposal usulan penelitian.
12. Rekan Mahasiswa MN 3 Angkatan 2006 yang telah berjuang bersama dalam melaksanakan bimbingan
13. Keluarga besar MN-Bisnis yang telah membantu memberikan saran dan motivasi dalam pembuatan proposal usulan penelitian.
14. Rubedz Fc yang selalu memberikan support dan inspirasi dalam mengerjakan proposal usulan penelitian.

Akhir kata semoga Proposal Usulan Penelitian ini dapat dimanfaatkan dan dapat memberikan sumbangsih pemikiran untuk perkembangan pengetahuan bagi penulis maupun bagi pihak yang berkepentingan.



Wassalamu’alaikum Wr. Wb.



Jakarta, Februari 2011
Penyusun

Rudiyanto




Demikian kami hadirkan Contoh Kata Pengantar semoga dapat memberi inspirasi sebelum membuat karya tulis skripsi. Terima kasih.